NEWS UPDATE :  

Berita

SDIT IBNU ABBAS KEBUMEN # SHOLIH, MANDIRI, BERPRESTASI, PEDULI LINGKUNGAN

Tingkatkan Motivasi hadapi US SD IT Ibnu Abbas Kebumen gelar Achievement Motivation Training

Proses akhir dari tahap pendidikan adalah dengan ujian, baik itu skala lokal maupun nasional. Ujian akan menentukan hasil belajar selama bertahun-tahun untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan kondisi seperti ini, ujian tentunya menjadi momok yang seringkali  “ditakuti” oleh sebagian besar siswa/siswi dikarenakan mental dalam menghadapi ujian sangat tidak mendukung.

Mengingat bahwa mental atau pikiran adalah salah satu kunci penting dalam melakukan sesuatu. Maka siswa harus membuka pola pikir (mindset) terhadap keharusan untuk berjuang mencapai hasil yang memuaskan melalui niat serta cara yang benar, maka akan mengubah rasa takut tersebut menjadi sebuah internal motivasi untuk menghadapinya. Hal ini membutuhkan sentuhan spiritual agar siswa-siswi mampu memasrahkan segala persiapan yang dilakukan kepada Allah SWT yang memberi ketenangan, tidak mundur untuk menghindarinya tetapi terus maju dalam menggapai cita-cita. Oleh karena, SDIT Ibnu Abbas Kebumen menyelenggarakan kegiatan Achievment Motivation Training (AMT) untuk kelas VI.

Achievement Motivation Training (AMT) adalah sebuah program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi pesertanya. Jadi yang dikembangkan oleh Achievement Motivation Training (AMT) adalah motivasi berprestasi-nya. Motif prestasi yang dikembangkan oleh Achievement Motivation Training (AMT) adalah suatu dorongan dalam diri seseorang yang membuatnya mencari kepuasan melalui usaha pencapaian yang bersifat prestatif (achieving).

Kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) atau training motivasi merupakan agenda rutin tahunan. Pada tahun ini dilaksanakan hari Sabtu tanggal 6 Januari 2018. Diikuti oleh siswa/siswi kelas VI yang didampingi orangtua/wali murid.  Sejumlah 59 siswa dan 118 orang tua beserta dewan guru hadir dalam training motivasi yang  dipandu oleh motivator handal Ustadz Solihin Abu Izzudin dari Sragen. Beliau adalah penulis buku best seller Zero to Hero.

AMT atau training motivasi ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa tujuan pendidikan bukan hanya mengembangkan kecerdasan intelegensi, tetapi juga akhlak yang mulia, sebagaimana yang disampaikan Ustadz Solihin agar para siswa meraih prestasi dengan akhlak terpuji.

Ustadz solihin memaparkan tips menghadapi ujian sekolah, yaitu dengan’ 5 M’, ‘M” yang pertama adalah medis, sebagai seseorang yang berlatar belakang kedokteran beliau mengingatkan kepada orang tua agar senantiasa memberikan makan yang bergizi kepada putra-putrinya dan menghidari makanan ber-MSG karena dapat mengurangi kecerdasan. Ustadz Solihin menegaskan kepada orangtua agar jangan sampai anak-anaknya menjadi generasi micin, dan “generasi ciki-cikian” yaitu generasi instan yang yidak mau bersusah payah dan bekerja keras, generasi yang tidak tahan banting, gampang menyerah.

“M” yang kedua yaitu materi, siswa diingatkan agar mempelajari materi pelajaran sesuai jadwal ujian, dan tugas orangtua adalah mendampingi putra-putrinya serta memastikan agar yang dipelajari sesuai dengan yang akan diujikan. Tak lupa didukung dengan ‘M’ yang ketiga yaitu material, sebagai orangtua sudah selayaknya memberikan sarana dan prasarana pendukung ujian sekolah bagi putra-putrinya.

“M” yang keempat yaitu mental, siswa diharapkan mempunyai mental yang kuat, gigih dan pantang menyerah, didukung dengan motivasi yang kuat dari orang tua.       â€œ M” yang terakhir yaitu munajat, orang tua dan siswa harus sentiasa mendekatkan diri pada Allah, karena manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, dan Allahlah penentu hasil akhirnya.

Selain memberikan tips menghadapi ujian, Ustadz Solihin juga mengajak peserta training untuk menuliskan komitmen diri pada secarik kertas berbentuk buah. Awalnya beliau meminta para orang tua untuk menulis cita-cita yang diharapkan dari anaknya, dilanjutkan dengan komitmen si anak dan setelah itu giliran orang tua untuk menuliskan komitmennya dalam mendukung sang anak. Setelah itu Ustadz Solihin memberikan doorprize  berupa dua buku karyanya bagi siswa dan orang tua yang berani maju membacakan komitmennya.

Ustadz Solihin mampu membuat suasana menjadi meriah ketika para peserta diminta untuk meniup sebuah balon hingga pecah. Balon diibaratkan sebuah ujian yang harus dijalani dengan kerja keras dan rasa percaya diri. Awalnya tidak ada masalah ketika meniup balon, tapi raut wajah peserta berubah tegang ketika harus meletuskan balon yang ditiupnya tanpa bantuan alat. Tampak ada yang takut terkena letusan balon, meskipun demikian tepuk tangan dan wajah lega terpancar dari para peserta yang berhasil meletuskan balonnya.  

Setelah itu para peserta diajak saling mengungkapkan perasaannya dengan berbicara dari hati ke hati antara orang tua dan buah hatinya. Suasana menjadi mengharu biru ketika ayah ibu dan sang anak saling berpelukan. Rasa haru pun bertambah ketika Ustadz Solihin mengajak peserta bermuhasabah dengan berdoa bersama.

Alhamdulillah, acara training motivasi ini berjalan lancar dari pagi hingga siang hari berkat kerjasama bergagai pihak. Semoga training  ini dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, yaitu membantu pihak sekolah dalam meningkatkan motivasi siswa untuk terus berprestasi. Bagi siswa dan orangtua/wali murid dapat memperoleh wawasan, dapat mengontrol emosi dan perilaku yang sesuai dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah, serta meningkatnya kesadaran siswa dalam menentukan keberhasilan menghadapi Ujian Sekolah. Semoga training ini juga menjadi bekal untuk di dunia dan akhirat.(Nita Fuji Kosmasari, S.S, S.Pd)

Cari
Kontak Kami
Alamat :

Gg Kencana, RT01 RW06 Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen

Telepon :

telp& WA 081328115920

Email :

sdit.ibnu.abbas.kebumen@gmail.com

Website :

sditibnuabbaskebumen.sch.id

Media Sosial :
PPDB 2024/2025
Peringatan HUT RI BDR