NEWS UPDATE :  

Berita

SDIT IBNU ABBAS KEBUMEN # SHOLIH, MANDIRI, BERPRESTASI, PEDULI LINGKUNGAN

Festival Sekolahku SDIT Ibnu Abbas Kebumen

SDIT Ibnu Abbas Kebumen menggelar perhelatan akbar yang bertajuk “Festival Sekolahku”. Perhelatan ini digelar selama tiga hari dimulai Kamis 25 Januari hingga Sabtu 27 januari.

            Festival Sekolahku merupakan gabungan dari tiga kegiatan siswa yang dirangkai dalam satu perhelatan. “Biasanya tiga kegiatan ini dilaksanakan di  waktu yang berjauhan. Tapi tahun ini kita jadikan satu di bulan Januari dalam rangkaian Festival Sekolahku.” Papar Aditiyo Nugroho selaku Waka Kesiswaan.

Festival Sekolahku merupakan perhelatan akbar perdana yang digelar serangkai berurutan. Tujuan dijadikan satu rangkaian adalah agar lebih meriah, sekaligus sebagai ajang sosialisasi dan promosi kegiatan sekolah ke masyarakat juga untuk  mengefektifkan waktu efektif KBM (kegiatan pembelajaran). “Di jadikan satu rangkaian di bulan Januari agar lebih fokus pada kegiatan pembelajaran dibulan-bulan berikutnya. Ini merupakan ” Tutur Ustadz Tiyo.

Rangkaian festival sekolahku ini di awali dengan kegiatan Project Show. Project Show merupakan agenda rutin tahunan SD IT Ibnu Abbas sebagai wahana pamer karya siswa yang berkaitan dengan tugas project pada mata pelajaran tertentu untuk kelas II, III, dan V serta produk pertema untuk kelas I dan IV dalam pembelajaran akhir semester satu.  Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, 25 Januari 2018 pukul 12.30 hingga 14.30.

Bertempat di koridor sekolah, berbagai karya siswa dipamerkan di stand berupa meja panjang dan dinding depan setiap kelas. Siswa secara bergiliran perkelas melihat hasil karya kelas lain yang dipandu oleh Ustadz dan Uatadzah, dengan mengikuti alur kunjungan yang telah diatur panitia. Dimulai dari mengunjungi stand pamer kelas I hingga III di lantai satu, kemudian siswa diarahkan untuk mengunjungi stand kelas IV dan V di lantai dua.

Berbagai karya siswa dipamerkan dengan keunikan masing-masing. Ada yang memamerkan kolase dari biji-bijian, mozaik, lukisan, flash card dan kliping sesuai tugas pelajaran masing-masing, hingga hasil karya berupa perangkat pembelajaran IPA. Tak hanya para siswa yang dapat menikmati pameran ini, tetapi orang tua siswa pun dapat ikut mengunjungi stand-stand pamer hasil karya putra-putri mereka.

             Rangkaian festival sekolahku selanjutnya yaitu, Exhibition Day. Kegiatan yang digelar pada hari Jumat 26 januari ini, merupakan sarana untuk mengapresiasi minat bakat siswa dan sebagai wahanan mengekspresikan kreativitas siswa. Baik itu di bidang seni, olahraga, maupun robotik dengan cara pementasan. Exhibition day adalah agenda rutin tahunan sekolah, dengan menampilkan kegiatan eksul di panggung pertunjukkan, tujuannya adalah untuk mengenalkan berbagai ekstra kulikuler yang ada di sekolah kepada siswa kelas 1 dan 2 sebagai calon anggota ekskul kelak di kelas 3. “ sebagai ajang promosi ekskul untuk menjaring  anggota baru. Kita punya tujuh ekskul, ada tekwondo, robotik, jurnalistik, karate, bulutangkis, hasta karya, dan seni lukis. ” Tutur Ustadz Tiyo.

Selain menampilkan kegiatan estrakulikuler, exhibition day juga menampilkan pentas seni siswa tiap kelas. Baik itu seni tradisi, islami, maupun modern ditampilkan. Ada drama, gerak dan lagu, tari kupu-kupu, lagu dolanan, bahkan senam chikecken dan baby shark juga ikut memeriahakan gelaran exhibition  yang di laksanakan sejak pikul 08.00 hingga pukul 11.00 ini.

Kegiatan ini sebagai ajang penggalian potensi berkesenian siswa dan memupuk rasa percaya diri mereka. Hal ini, sesuai dengan tema yang diusung yaitu, “ Gali potensi, Tunjukkan Kreasi, Raih prestasi.” Di samping itu acara ini juga bertujuan untuk membuka akses informasi dan komunikasi kepada masyarakat luas tentang SD IT Ibnu Abbas Kebumen.

Rangkaian Festival sekolahku yang terakhir adalah Khotmil Qur’an, Imtihan dan Wisuda Tahfidz angkatan pertama, yang digelar hari Sabtu 27 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan ajang apresiasi prestasi siswa-siswi SDIT Ibnu Abbas, yang telah mencapai puncak prestasi dalam mengkhatamkan AlQuran dan menghafalkan juz 30.  Selain itu, kegiatan ini juga untuk menampilkan kemampuan ilmu baca Al qur’an melalui metode qiroati .

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang digelar di SDIT Ibnu Abbas. Kendati demikian, sejumlah 43 siswa telah terpilih menjadi wisudawan. Jumlah tersebut berdasar hasil pemilihan yang ketat setelah mereka menjalani serangkaian tes baca dan hafalan Quran. Pencapaian ini juga turut diapresiasi oleh pimpinan pusat qiroty Semarang. “ Alhamdulillah, Ibu Hj. Aisyah Dahlan hadir dalam acara ini , beliau ini pimpinan pusat qiroaty Semarang.” Tutur Khorin Nurkamilah selaku koordinator BTQ SDIT Ibnu Abbas.

 

Acara ini dibagi menjadi tiga sesi atau bagian diawali dengn khotmil, dilanjutkan dengan imtihan kemudian prosesi wisuda yang juga turut dihadiri oelh orang tua siswa. Acara demi acara berlangsung khidmat. Untuk mencairkan suasana group Nasyid SDIT juga turut tampil (ditambah presesi wisuda dan penjelasan suasana )

Harapan besar digelarnya acara ini adalah agar para wisudawan dapat mengaplikasikan hasil pencapaian mereka dalam kehidupan sehari-hari. “ Semoga hasil pencapaian siswa ini menjadi bekal mereka di dunia dan akhirat, dan kami berharap untuk tahun berikutnya jumlah peserta wisuda bertambah.” Papar Ustadzah Ririn.

 (Tim Humas SDIT Ibnu Abbas)

Cari
Kontak Kami
Alamat :

Gg Kencana, RT01 RW06 Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen

Telepon :

telp& WA 081328115920

Email :

sdit.ibnu.abbas.kebumen@gmail.com

Website :

sditibnuabbaskebumen.sch.id

Media Sosial :
PPDB 2024/2025
Peringatan HUT RI BDR